ISO dan Noise

Secara teknis, noise adalah gangguan sinyal pada rangkaian elektronik. Noise pada fotografi digital terlihat seperti bitik-bintik pasir kasar di gambar Anda.  Munculnya noise terjadi karena adanya gangguan sinyal elektronik pada sensor kamera. Gangguan sinyal ini terjadi karena kita “memaksa” sensor untuk menangkap cahaya yang minim dengan memperbesar angka ISO. Semakin kita memaksa sensor untuk menangkap cahaya minim (memakai ISO tinggi), maka semakin banyak noise yang muncul.

ISO dan Noise
ISO dan Noise

Selain pada ISO tinggi, ukuran fisik dari sensor itu sendiri juga mempengaruhi banyaknya noise yang muncul. Kamera pada ponsel anda memiliki ukuran sensor yang amat kecil dibadingkan dengan sensor yang terpasang pada kamera-kamera mirrorless atau DSLR. Dengan demikian, foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel di tempat minim cahaya akan lebih terlihat noise-nya, dibandingkan foto yang dihasilkan oleh kamera mirrorless atau DSLR.

Teknologi sensor itu sendiri juga mempengaruhi banyaknya noise. Tentunya, semakin modern sensor yang terpasang pada kamera, maka bisa dipastikan sensor tersebut menghasilkan noise yang lebih sedikit.

Apakah Speed dan Diafragma juga mempengaruhi noise?

Jawabannya, speed dan diafragma tidak mempengaruhi noise secara langsung. Akan tetapi, karena ISO – Speed – Diafragma saling berhubungan dalam Segitiga Fotografi, maka Speed dan Diafragma akan mempengaruhi banyaknya noise secara tidak langsung.

Seperti sudah saya jelaskan, noise itu terjadi karena kita memakai ISO tinggi. Speed dan diafragma mempengaruhi banyaknya noise pada saat memotret dengan cahaya rendah, tapi memaksakan memakai speed yang cepat atau bukaan diafragma yang kecil (angka diafragma besar).

Kalau memotret di kondisi minim cahaya, dengan speed yang tinggi dan bukaan diafragma kecil (angka besar), maka otomatis yang “dikorbankan” adalah dengan memperbesar angka ISO. Dengan ISO tinggi, maka noise akan banyak. Jadi Speed dan diafragma mempengaruhi noise karena keduanya bisa membuat ISO menjadi tinggi, yang membuat noise semakin banyak.

Ini terjadi karena ISOSpeed – Diafragma adalah elemen-elemen dalam segitiga fotografi yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Ketiganya akan saling mempengaruhi satu sama lain.

Apakah pemilihan ukuran lensa juga mempengaruhi noise?

Jawabannya, tidak. Memakai lensa jenis apapun, dengan ukuran apapun, tidak mempengaruhi sama sekali banyaknya noise yang muncul di foto.

Apakah pemilihan kamera juga mempengaruhi noise?

Jawabannya, ya. Pemilihan kamera akan mempengaruhi teknologi dan besar ukuran dari sensor yang dipakai. Semakin modern kamera dan semakin besar ukuran sensor pada kamera yang dipakai, maka kontrol noisenya pun akan semakin baik.

 


MK Photography adalah tempat belajar fotografi yang berlokasi di Jakarta. Kami membuka Kelas Basic Photography WeekDays dan WeekEnd. Kami juga membuka kelas Intermediate WeekDays dan Weekend. Jangan ragu untuk menghubungi kami atau langsung chat via WhatsApp.

Share this now :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *