Perbedaan Lensa Normal, Wide, Tele, Fix dan Zoom

Pada semua lensa, terdapat sebuah angka dengan satuan milimeter (mm). Angka ini menerangkan jarak titik fokus lensa tersebut, yang mana kemudian menentukan sudut pengambilannya atau angle of view-nya. Menurut besaran ukuran lensa, lensa-lensa kamera dapat dikelompokkan sebagai lensa normal, wide dan tele. Selain itu, juga terdapat pengelompokan pada ada atau tidaknya rentang ukuran pada lensa tersebut

Banner kursus fotografi MK

Angle of View
Angle of View

Angka ukuran mm pada lensa menunjukkan panjang titik fokus lensa tersebut, dan juga menunjukkan besar kecilnya sudut pandang dari lensa tersebut.

Semakin kecil angka angka ukuran lensa (mm-nya), maka semakin lebar sudut pandang pengambilannya (angle of view). Lensa-lensa ini biasa disebut sebagai lensa wide (lebar).

Sebaliknya, semakin besar angka ukuran lensa (mm-nya), maka semakin sempit sudut pandang pengambilannya (angle of view). Lensa-lensa ini biasa disebut sebagai lensa tele (panjang).

Lensa Normal

Lensa 50mm dikenal fotografer sebagai lensa normal. Alasan utamanya adalah, angle of view dari lensa ini mirip-mirip dengan sudut pengambilan (angle of view) mata manusia. Oleh karenanya, pada awal-awal perkembangan fotografi dengan kamera SLR yang berformat film 35mm, lensa ini dijadikan lensa paket / lensa kit / lensa standar untuk kamera-kamera yang baru.

"Lensa

Lensa Normal adalah lensa yang memiliki panjang titik fokus sebesar 50mm. Hal utama yang menjadikan lensa 50mm dianggap sebagai lensa normal adalah karena kemiripan angle of view dari lensa ini dibandingkan dengan angle of view mata manusia. Selain itu pada saat awal perkembangan fotografi, lensa 50mm selalu dijadikan lensa standar atau lensa kit yang dijual bersamaan dengan kamera baru. Hal ini menjadikan lensa 50mm menjadi amat populer dan dianggap wajib dimiliki oleh banyak fotografer.

Lensa Wide

Lensa Wide adalah lensa yang memiliki ukuran lebih kecil dari 50mm. Dengan panjang titik fokus yang kecil, maka angle of view-nya menjadi besar atau lebar.

Lensa Nikkor 14-24mm 1:2.8G

Lensa wide banyak dipakai di foto landscape karena memberikan kesan luas dan lapang. Lensa ini juga banyak dipakai di pemotretan interior karena efek luas yang diberikan lensa ini. Terkadang, distorsi yang dihasilkan oleh lensa ini menjadikan objek-objek berupa garis lurus terlihat belok dan tidak lurus lagi.

Banner kursus fotografi MK

Lensa Tele

Lensa tele adalah lensa yang memiliki ukuran lebih besar dari 50mm. Dengan panjang titik fokus yang besar, maka angle of view-nya menjadi kecil atau sempit. Lensa-lensa ini dikatakan dapat membuat objek-objek yang terlihat jauh, menjadi terlihat dekat di kamera.

Lensa Tele (Canon 800mm F/5.6)
Lensa Tele (Canon 800mm F/5.6)

Pada lensa-lensa yang amat panjang, angle of viewnya amat kecil. Akibatnya gerakan sekecil apapun di kamera, akan terlihat menjadi gerakan yang besar sekali. Hal ini akan mengakibatkan gambar / foto yang terekam terlihat blur (istilah teknisnya, camera shake). Untuk mengatasi masalah ini, pada beberapa lensa tele diberi fasilitas image stabilizer (itu istilah Canon, untuk Nikon dinamakan Vibration Reduction). Dengan teknologi ini, getaran akibat goyangnya kamera (camera shake) dapat diminimalisir.

Lensa Fix dan Zoom

Lensa Fix adalah lensa-lensa yang ukuran lensanya yang tetap pada satu angka ukuran saja. Pada lensa ini, tidak ada rentang ukuran lensa. Untuk melakukan komposisi memakai lensa ini, fotografernya harus secara fisik bergerak maju atau mundur agar komposisinya tepat. Hasil foto dari lensa fix biasanya jauh lebih tajam dibandingkan hasil foto dari lensa zoom.

Beberapa lensa yang masuk dalam katagori lensa fix adalah lensa 35mm, 50mm, 85mm, 105mm, 200mm, dan sebagainya.

Lensa zoom adalah lensa-lensa yang ukuran lensanya memiliki rentang ukuran. Dengan lensa ini, fotografer tidak perlu secara fisik maju mundur untuk mendapatkan komposisi yang diinginkannya. Lensa jenis ini memberikan fleksibilitas dan keringkasan, karena seorang fotografer tidak perlu membawa beberapa lensa untuk mendapkan foto yang diinginkan.

Beberapa lensa yang masuk dalam katagori lensa zoom adalah 25-70mm 18-55mm, 70-200mm, 18-135mm dan sebagainya.


MK Photography adalah tempat belajar fotografi yang berlokasi di Jakarta. Kami membuka Kelas Basic Photography WeekDays dan WeekEnd. Kami juga membuka kelas Intermediate WeekDays dan Weekend. Jangan ragu untuk menghubungi kami atau langsung chat via WhatsApp.

Share this now :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *