Speed Membuat Efek Gerakan ( Blur dan Freeze )

Dengan mengontrol speed yang dipakai, maka kita dapat memberikan efek gerakan dalam foto kita. Kita dapat membekukan objek sehingga sebuah gerakan cepat terlihat diam (freeze), atau sebaliknya, memberikan efek blur sehingga gerakan-gerakan objek jelas terlihat. Dengan memberikan efek freeze atau blur, maka kita dapat memberikan efek gerakan pada foto kita. Mengontrol speed untuk membuat efek gerakan blur atau freeze. Speed membuat efek gerakan pada foto kita.

Misalkan kita mau motret sebuah sepeda yang bergerak dari kiri ke kanan, dengan posisi kamera diam mengarah ke depan. Kita memotret sepeda tersebut ketika lewat depan kamera. Pertama kita memotret dengan speed 1/30

1/30 seconds
1/30 seconds

 

Dengan kecepatan speed 1/30, proses buka-tutup “layar” (shutter) cukup lama. Karena “layar” (shutter) terbuka cukup lama, si sepeda masih sempat bergerak sedikit sampai saatnya “layar” (shutter) tertutup lagi. Karena si sepeda sempat bergerak pada saat perekaman cahaya, maka si sepeda terekamnya juga bergerak (blur). Maka didapat foto seperti di atas.

Perhatikan juga pada background-nya. Karena selama proses perekaman cahaya, si background tidak bergerak. Maka background terekam tajam, tidak blur.

Lalu pada kesempatan kedua, Kita memotret dengan kecepatan 1/500 dengan sepeda yang bergerak tetap dari kiri ke kanan, dan posisi kamera diam mengarah ke depan.

1/500 second
1/500 second

Dengan speed diatur pada 1/500, proses buka-tutup “layar” (shutter) amat cepat. Karena “layar” (shutter) terbuka dengan amat cepat, si sepeda belum sempat bergerak, “layar” (shutter) sudah tertutup. Karena si sepeda belum bergerak pada saat “layar” (shutter) tertutup, maka si sepeda terekam diam atau beku (freeze).

Sedangkan pada background-nya, terlihat background yang terekam tajam. Untuk objek-objek yang diam, permainan speed memang tidak memiliki efek apapun. Pada speed rendah maupun tinggi, selama kamera dan objeknya diam, foto yang terekam akan tajam.

Dapat dilihat, pada objek yang sama dapat dibuat dua foto yang mempunyai efek gerakan yang berbeda. Satu foto terlihat bergerak (blur) dan satu foto lagi terlihat diam (freeze).

Di bawah ini, rangkaian foto air mancur yang difoto dengan beberapa setting speed.

Speed membuat efek gerakan
Speed membuat efek gerakan

Perhatikan, semakin lambat speed yang dipakai, maka semakin blur gerakan air yang terekam. Semakin cepat speed yang dipakai, maka semakin beku (freeze) gerakan air yang terekam. Apabila gerakan sudah terekam beku (freeze) sempurna pada speed tertentu (pada kasus ini pada 1/1000), maka tidak akan ada perubahan signifikan pada foto yang terekam apabila menggunakan speed yang lebih cepat (1/4000).

Juga perlu diingat, tidak ada rumus baku speed berapa yang perlu dipakai akan memberikan efek blur atau freeze. Hal ini karena efek yang didapat juga tergantung pada objek apa yang akan difoto. Misalkan, tentunya akan berbeda setting speed-nya apabila kita kita mau motret dengan efek blur dengan objek :

  • orang yang sedang berjalan kaki
  • orang yang sedang berlari
  • orang yang bersepeda santai
  • orang yang bersepeda cepat
  • orang yang naik motor
  • orang yang naik mobil
  • orang yang naik mobil balap

Tidak ada aturan baku, karena tergantung pada objek yang akan di foto. Akan tetapi, sebagai pedoman biasanya pada kecepatan di bawah 1/30 biasanya sudah akan memberikan efek blur. Sedangkan untuk mendapatkan efek beku (freeze), biasanya dipakai kecepatan di atas 1/500. Untuk motret selain itu, biasanya dipakai kecepatan 1/125. Pada kecepatan 1/125 biasanya sudah cukup untuk menghindari blur-nya foto akibat dari camera shake (goyang kamera).

Dengan menggunakan speed sebagai kontrol efek gerakan, maka kita dapat membuat berbagai macam foto yang sesuai dengan konsep dan imajinasi kita.

Penyembur Api (Speed 1/500s)
Penyembur Api (Speed 1/500s)

MK Photography adalah tempat belajar fotografi yang berlokasi di Jakarta. Kami membuka Kelas Basic Photography WeekDays dan WeekEnd. Kami juga membuka kelas Intermediate WeekDays dan Weekend. Jangan ragu untuk menghubungi kami atau langsung chat via WhatsApp.

Share this now :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *