Lensa Normal

Lensa Normal adalah lensa yang mimiliki panjang titik fokus sebesar 50mm. Sebenarnya, ukuran tepatnya sebuah lensa dikatakan sebagai lensa normal selalu menjadi perdebatan. Apalagi kalau diperhitungkan juga crop factor. Akan tetapi, secara umum lensa 50mm tetap bisa dikatakan sebagai lensa normal.

Lensa Canon 50mm f/1.4
Lensa Canon 50mm f/1.2

Hal utama yang menjadikan lensa 50mm dianggap sebagai lensa normal adalah karena kemiripan angle of view dari lensa ini dibandingkan dengan angle of view mata manusia. Selain itu, pada saat awal perkembangan fotografi dengan dipasarkannya kamera Twin Lens Reflex, lensa 50mm menjadi amat populer menjadi pilihan para fotografer pada saat itu.

Kamera Twin Lens Reflex tidak dapat diganti-ganti lensanya. Ketika membeli kamera tersebut, kita harus memilih satu ukuran lensa saja yang memang sudah terpasang dari pabriknya. Pada saat itu, pilihan kamera yang banyak tersedia adalah kamera dengan lensa ukuran 35mm dan 50mm. Kamera dengan lensa 50mm menjadi pilihan yang amat populer dikalangan fotografer kamera Twin Lens Reflex.

Pada saat kamera Single Lens Reflex (SLR) mulai berkembang, fotografer jadi punya pilihan untuk mengganti-ganti lensa yang terpasang di kameranya. Pada saat itu, teknologi lensa zoom belum terlalu matang. Sehingga untuk kamera-kamera baru, pilihan lensa yang umum dijadikan lensa kit tetap lensa fixed 35mm atau 50mm. Pada akhirnya, lensa 50mm tetap menjadi pilihan lensa kit populer saat itu. Oleh karenanya, lensa 50mm dianggap sebagai lensa wajib dimiliki oleh fotografer dan dianggap sebagai lensa normal.

Kenapa Lensa 50mm f/1.4 Lebih Mahal Dibanding f/1.8?

Lensa 50mm umumnya dijual dengan pilihan diafragma f/1.8, f/1.4 dan f/1.2. Semakin kecil angka diafragma, semakin mahal harganya dengan kenaikan harga yang berlipat-lipat. Kenaikan yang berlipat-lipat ini bukan hanya karena diafragma-nya yang semakin kecil.

Kenaikan harga yang berlipat-lipat ini karena kualitas lensanya itu sendiri memang berlipat-lipat semakin baik. Lensa-lensa yang memiliki diafragma f/1.4 biasanya memiliki ketajaman lensa yang jauh lebih baik dibandingkan lensa dengan diafragma f/1.8. Ketajaman lensa didapat dengan memakai desain lensa yang lebih rumit dan presisi, bahan lensa yang jauh lebih baik, dan coating lensa yang lebih baik.

Selain ketajaman lensa yang semakin baik, bokehnya pun semakin halus. Sehingga foto yang dihasilkan juga jauh lebih baik.

Kalau lensa dengan f/1.4 sudah bagus, tentunya lensa dengan f/1.2 akan jauh lebih bagus lagi hasilnya. Oleh karena itu, harganya juga berlipat-lipat lebih mahal dibandingkan f/1.4, apalagi kalau dibandingkan dengan f/1.8.

Menurut kata fotografer-fotografer senior, untuk benar-benar tahu kenapa lensa itu bisa mahal, ya harus dicoba sendiri lensanya. Jadi, silahkan mencoba sendiri….

 

Sample Image Canon 50mm f/1.4
Sample Image Canon 50mm f/1.4

 

Sample Image Nikon 50mm f/1.8
Sample Image Nikon 50mm f/1.8

 


MK Photography adalah tempat belajar fotografi yang berlokasi di Jakarta. Kami membuka Kelas Basic Photography WeekDays dan WeekEnd. Kami juga membuka kelas Intermediate WeekDays dan Weekend. Jangan ragu untuk menghubungi kami atau langsung chat via WhatsApp.

Share this now :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *