Pedoman Membeli Tripod

Membeli tripod bisa membingungkan karena banyaknya pilihan merek dan model. Sebelum Anda membeli tripod yang salah seperti yang pernah saya lakukan, lebih baik Anda mengetahui pedoman membeli tripod. Sehingga Anda mengetahui hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika Anda membeli tripodi.

Fungsi utama tripod adalah untuk memberikan topangan (support) untuk alat kita seperti kamera atau lampu studio, sehingga kita tidak perlu memegangnya. Dengan meletakkan kamera di tripod, Anda dapat memotret dengan speed lambat tanpa takut adanya camera shake. Anda juga tidak perlu mengatur berulang-ulang komposisi Anda pada saat memotret still life atau foto keluarga. Dengan tripod yang kokoh dan stabil, dapat dipastikan kamera akan diam tidak bergerak, untuk menghasilkan foto yang tajam selama apapun Anda melakukan eksposure.

Tripod memberikan support untuk kamera atau lampu studio dari kokohnya kaki-kakinya dan beratnya. Semakin kokoh dan berat tripodnya, maka semakin stabil tripod tersebut.

Berat

Sebelum Anda membeli tripod, Anda perlu menentukan benda apa yang akan anda pasang di tripod tersebut. Jika Anda hanya akan memasang kamera point-n-shoot (pocket camera) atau kamera mirror-less, tripod yang Anda butuhkan hanyalah tripod sedang atau kecil. Bahkan mungkin tripod meja yang muat di saku celana Anda sudah cukup menopang kamera Anda. Akan tetapi kalau anda ingin memasang kamera yang amat berat (Nikon D5 atau Canon 1Dx, ditambah lensa 70-200mm VR/IS, ditambah flashnya), maka Anda akan membutuhkan tripod yang cukup besar dan berat.

Jadi, saya sarankan Anda membawa kamera Anda dengan kemungkinan paling berat ke toko kamera pada saat Anda ingin membeli tripod. Dengan begitu Anda dapat mencoba sendiri apakah tripod yang Anda pilih bisa menopang dan menahan kamera Anda dengan aman.

Linhof Studio Tripod
Linhof Studio Tripod

Akan tetapi, sebelum Anda membeli tripod terberat yang ada di toko kamera, Anda juga perlu pikirkan tripod ini akan dibawa-bawa hunting outdoor atau hanya akan dipakai di studio? Jika tripod Anda terlalu berat, dan Anda harus membawa-bawa tripod maka Anda akan mudah lelah. Tentunya amat tidak nyaman motret dalam keadaan lelah dan capek.

Ada cara lain untuk menambah berat tripod pada saat anda motret. Beberapa tripod menambahkan kait di kolom tengah tripod, sehingga Anda dapat menggantungkan benda yang berat (contoh: tas kamera Anda) pada tripod Anda. Dengan menggantungkan benda yang berat pada tripod, Anda menurunkan pusat gravitasi (center of gravity) keseluruhan tripod Anda sehingga dapat menambah kestabilan dari tripod Anda.

Beban di Center Pole
Beban di Center Pole

Akan tetapi Anda harus memperhatikan kekuatan dari kaki tripod Anda sebelum Anda menggantungkan tas kamera di tripod. Saya beberapa kali mendengar cerita dari teman saya yang kaki tripodnya bengkok ketika mereka menggantungkan tas kamera di tripod mereka. Jadi, berhati-hatilah.

Kaki Tripod

Selain berat, cara lain untuk memberikan kestabilan pada tripod adalah kekokohan kaki tripod itu sendiri. Hal ini amat tergantung pada bahan tripod itu sendiri, yang mana biasanya terbuat dari alumunium atau serat karbon. Setiap merek tripod memiliki beragam jenis tripod yang terbuat dari kedua jenis bahan ini. Jelas tripod yang terbuat dari serat karbon mempunyai bobot yang lebih ringan ketimbang tripod yang terbuat dari alumunium, akan tetapi harganya jauh lebih mahal.

Pada tripod modern yang banyak dijual sekarang ini, setiap kakinya dapat diatur secara terpisah berapa banyak derajat kemiringan dari setiap kakinya. Beberapa tripod bahkan dapat dibuka rata dengan tanah, sehingga kita dapat motret dengan sudut pengambilan (angle) yang amat rendah.

Untuk tiang tengah(center pole), Anda memiliki pilihan untuk membeli yang memakai gigi atau yang tidak. Tripod dengan center pole yang memakai gigi merupakan pilihan terbaik bagi mereka yang suka motret dengan ketelitian tinggi (still life atau landscape). Walaupun begitu, saya pribadi lebih suka tripod yang tidak memakai gigi pada center pole-nya. Pilihan lain adalah center pole yang dapat dipakai untuk memotret horizontal. Tentu saja seberapa mudah dan cepat sebuah tripod dapat dirubah untuk dipakai memotret horizontal dari posisi vertikal amat ditentukan dari harganya yang mahal atau tidak (semakin cepat dan mudah, semakin mahal).

Kaki Tripod Bisa Flat
Kaki Tripod Bisa Flat

Salah satu teman saya mengeluh tentang kaki tripod nya yang terlalu longgar sehingga sering menjepit jarinya pada saat ia mengangkat tripodnya. Karena terlalu longgar, kaki tripodnya jadi mudah sekali menutup pada saat tripod diangkat dari tanah. Mekanisme penguncian pada kaki tripod nya juga cenderung untuk menjepit jari-jarinya. Jadi hal ini juga perlu menjadi perhatian Anda.

Untuk mekanisme penguncian, juga ada beberapa pilihan yang dapat Anda pilih. Yang terbaru adalah kaki yang hanya perlu diputar kakinya untuk menutup dan membuka kunci. Ketika Anda ingin memanjangkan kaki tripod, Anda cukup memutar kakinya, lalu tarik keluar, lalu memutarnya lagi untuk mengunci kaki tripod. Pilihan lain adalah mekanisme penguncian tekan dan tentu saja mekanisme sekrup yang terpercaya.

Tipe Penguncian Kaki Tripod
Tipe Penguncian Kaki Tripod

Beberapa tripod aluminium diberi pegangan karet pada salah satu atau dua kakinya. Saya tidak pernah mengerti kegunaan dari karet ini sampai pada saat saya memotret di tengah hari bolong, pas di hari yang amat panas. Ternyata sinar matahari memanaskan kaki tripod saya sehingga tripod tidak bisa dipegang lagi saking panasnya. Di hari itu saya amat senang tripod saya ada karet di kakinya, sehingga saya masih bisa pegang tripod saya tanpa harus membuat tangan saya terbakar.

Kepala (Head)

Kepala tripod adalah bagian di mana kamera Anda duduk dan diletakkan. Dengan alat inilah kamera Anda memungkinkan diarahkan ke atas, bawah, kiri, kanan, atau posisi horizontal atau vertikal. Ada dua desain utama untuk kepala tripod, yaitu 3-way dan ball-head.

Seperti namanya, ball-head pada dasarnya adalah sebuah bola dengan dudukannya. Karena desainnya yang berupa ball-joint, kamera amat mudah digerakkan ke hampir segala arah. Hal ini amat bagus pada saat kita motret objek-objek yang cepat bergerak seperti motret orang (model, fashion, potrait dll), atau foto dokumentasi acara. Pada beberapa desain ball-head diberikan pegangan tangan sehingga lebih memudahkan lagi untuk menggerakkan kamera. Kekurangannya adalah ketika kita ingin motret dengan ketepatan dan ketelitian yang tinggi seperti memotret still life atau landscape. Karena terlalu mudah untuk digerakkan, maka agak sulit untuk membuat penyesuaian kecil dari sudut kamera.

Ball Head
Ball Head

Untuk memotret dengan ketelitian tinggi, pilihan head tripod yang paling baik adalah 3-way. Head ini memiliki tuas atau pegangan untuk mengontrol pergerakkan kepala tripod pada 3 sumbu axis. Dengan demikian, kita diberikan kontrol luar biasa pada setiap sudut pergerakkan kamera. Kebanyakan tripod yang ada di pasaran menggunakan desain 3-way pada kepala tripodnya.

3 Way atau Pan-Tilt Head
3 Way atau Pan-Tilt Head

Beberapa tripod diberi fasilitas water-pass yang tertanam di kaki tripodnya. Saya pribadi merasa benda tersebut hanyalah akal-akalan pemasaran saja. Karena ketika memotret di lapangan, saya hampir tidak pernah menggunakan water-pass tersebut sebagai acuan.

Selain sulit membuatnya benar-benar pas di tengah, pada akhirnya saya lebih mengandalkan mata saya ketika mengintip di view-finder (kamera saya bisa diaktifkan gridlines di view-findernya) dan ketika saya review hasil fotonya di monitor LCD kamera saya. Melakukan hal ini jauh lebih cepat dan mudah ketimbang mengandalkan water-pass tripod. Jadi, jangan terlalu mengkhawatirkan tentang water-pass di tripod Anda.

Seorang senior mengajarkan solusi yang lebih baik. Beliau memakai benda di bawah ini, untuk dipasang di hot shoe kamera kita. Sehingga kamera kita benar-benar bisa level. Benda ini dapat dibeli di online shop (kata kunci pencarian: spirit level hot shoe) dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Kesimpulan

Saya rasa, hampir semua tentang tripod sudah saya bahas di pedoman membeli tripod ini. Dengan begitu banyak pilihan tripod, akan lebih mudah bagi Anda untuk membawa kamera Anda dengan kombinasi yang paling berat, lalu mencoba tripod yang Anda inginkan di toko kamera. Cobalah beratnya, tingginya, kemudahan mengaturnya, apakah menjepit tangan Anda atau tidak dan lain lain. Perlu diingat bahwa tripod yang bagus adalah investasi yang baik yang dapat Anda gunakan selama Anda melakukan fotografi.

Terima Kasih


MK Photography adalah tempat belajar fotografi yang berlokasi di Jakarta. Kami membuka Kelas Basic Photography WeekDays dan WeekEnd. Kami juga membuka kelas Intermediate WeekDays dan Weekend. Jangan ragu untuk menghubungi kami atau langsung chat via WhatsApp.

Share this now :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *